Hati-hati Jebakan Calo Kerja, Kamu Bakal Rugi dan Uang DP tidak Bisa Kembali

×

Hati-hati Jebakan Calo Kerja, Kamu Bakal Rugi dan Uang DP tidak Bisa Kembali

Bagikan berita
Ilustrasi calo
Ilustrasi calo

KONGKRIT.COM - Hati-hati jebakan calo kerja, kamu bakal rugi dan uang DP tidak bisa kembali.

Kongkrit.com kali ini bakal membahas seputar calo kerja. Lantaran, informasi lowongan kerja via Administrasi banyak sekali calo yang berusaha mencurangi Pencaker agar tidak bisa membatalkan pendaftarannya.

Bahkan supaya duit tidak bisa kembali, disaat ada ketidaksesuaian atau ketidaksetujuan mengenai salah maupun kurangnya informasi, beberapa calo menjanjikan hal yang manis dan 85 persen tidak sesuai fakta lapangan ketika sudah bekerja.

Seperti dilansir dari kanal YouTube Supriyono Lee, Kamis, 14 Desember 2023, Supriyono bercerita, bahwa dirinya terjebak janji manis calo. Jebakan yang biasa dilakukan oleh para calo ataupun para orang dalam perusahaan untuk menarik korban supaya tidak membatalkan perjanjian dengan mereka karena saat Anda membatalkan akan rugi dan uang tidak akan bisa kembali.

"Contohnya ini adalah pengalaman gua waktu mendaftar di salah satu PT atau perusahaan yang memproduksi makanan instan. Bahwa di sini telah diterima dari nama gua pribadi dengan uang sejumlah Rp2 juta alias uang dp. Jadi uang dp untuk masuk, sebenarnya total yang diminta calo Rp4 juta tetapi gua transfer Rp3.612.174," katanya.

Lebih lanjut, kata Supriyono, bahakn ada calo yang meminta Rp4,5 juta dan ada yang dimintain DP-nya setengah dan uang administrasi membayar ke calo juga cukup mahal yaitu sekitar Rp200 ribu.

"Untuk pembayaran ini di sini dia tulisnya panjang lebar, ada tulisannya uang jaminan masuk kerja jika tidak kerja uang kembali. Digarisbawahi jika tidak kerja uang kembali," katanya.

Namu, kata Supriyono, jika Anda mundur pada proses atau membeberkan uang maka uang tidak kembali. Misalkan, tiba-tiba Anda membatalkan karena suatu alasan, si calo ini tidak akan terima.

"Jadi calo nggak mau nerima alasan kita. Yaudah bagi mereka nggak masalah kalau misalkan kita mundur. Tapi uang tidak bisa kembali hangus dong," katanya.

Supriyono meneybutkan, calo juga akan menuliskan kepada korban jika dipanggil oleh Yayasan tersebut dan tidak datang maka uang DP dan administrasi akan hangus.

Editor : RC 008
Sumber : YouTube Supriyono Lee
Bagikan

Berita Terkait
Terkini