Bagaimana Internet Bekerja dan Menghubungkan Kita Secara Ajaib?

Bagaimana Internet Bekerja dan Menghubungkan Kita Secara Ajaib? (Foto : Dok. Istimewa)
Bagaimana Internet Bekerja dan Menghubungkan Kita Secara Ajaib? (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Pernahkah Sobat merenung tentang bagaimana kita bisa mengirim dan menerima pesan, foto, suara, video, bahkan game berukuran ratusan gigabyte melalui internet?

Meskipun kita menggunakan internet setiap hari, mungkin sebagian besar dari kita belum sepenuhnya memahami bagaimana semua hal tersebut dapat tiba di gadget kita.

Mari kita gali bersama untuk memahami rahasia di balik pesona internet yang menyatukan kita.

Bagaimana Internet Bekerja?

Secara sederhana, internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang terhubung menggunakan kabel, mirip dengan cara kita mengirim surat kepada teman pena.

Setiap kali kita mengirim atau menerima data, entah itu dari ponsel, laptop, atau smart TV, kita memerlukan alamat penyedia layanan internet.

Kabel-kabel kompleks dan pusat data menjadi tulang punggung dari sistem ini.

Ketika kita mengirimkan konten, seperti video kucing lucu ke grup keluarga, data tersebut dipecah menjadi kepingan kecil dan diubah menjadi kode.

Kode ini kemudian dikirimkan ke penyedia layanan internet melalui router, lalu melewati berbagai rute hingga mencapai server tujuan.

Proses ini terjadi setiap kali kita berinteraksi dengan internet.

Peran Kabel Fiber Optik

Meski kita sering terkoneksi dengan internet melalui perangkat nirkabel, fakta mengejutkan adalah bahwa seluruh jaringan internet kita sebenarnya mengandalkan kabel-kabel superpanjang di dasar laut.

Halaman :
Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index