Menjaga Integritas Demokrasi, Bawaslu Padang Pariaman Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024

×

Menjaga Integritas Demokrasi, Bawaslu Padang Pariaman Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024

Bagikan berita
Pelatihan Saksi dari Bawaslu Padang Pariaman, Selasa (6/2/2024) di Hotel Rocky Plaza Padang
Pelatihan Saksi dari Bawaslu Padang Pariaman, Selasa (6/2/2024) di Hotel Rocky Plaza Padang

KONGKRIT.COM - Dalam menghadapi momentum penting Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman memainkan peran krusial dalam memastikan integritas dan transparansi proses demokrasi. Dengan menggelar pelatihan bagi saksi peserta pemilu, mereka menegaskan komitmen untuk mewujudkan pemilu yang adil dan bersih.

Ketua Bawaslu Padang Pariaman, H. Azwar Mardin, SE, menekankan pentingnya pemahaman yang seragam terhadap aturan bagi semua pihak yang terlibat di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ini tidak hanya menjadi tugas saksi, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan," ujar Ketua Bawaslu Padang Pariaman, H. Azwar Mardin, SE, saat memberikan pembekalan di Hotel Rocky Plaza Padang, Selasa (6/2/2024).

Menurutnya, peran saksi tidak hanya sebatas mengawasi proses di TPS pada hari pemungutan suara, tetapi juga memahami mekanisme pelaporan dan penyelesaian pelanggaran. Dengan demikian, mereka dapat menjadi garda terdepan dalam mengurangi potensi kesalahan dan kecurangan.

Pemateri dari KPU Padang Pariaman, Doni Eka Putra juga memberikan wawasan mendalam tentang peran strategis saksi partai politik dalam mengawasi proses pemilu. Ini menjadi penting mengingat keberadaan saksi sebagai representasi partai politik dan calon perseorangan dalam memastikan transparansi dan keadilan.

Pelatihan ini diikuti oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan partai politik, tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden, pemantau pemilu, penggiat pemilu.

Dalam suasana yang penuh tantangan ini, kerja sama antara Bawaslu, KPU, partai politik, dan stakeholders lainnya menjadi kunci untuk menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi. Pelatihan saksi peserta pemilu menjadi salah satu langkah nyata dalam menjaga momentum demokrasi yang sehat dan transparan.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini