Lomba MTQ tingkat TPA / TPQ Se-Nagari Kapa dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat

×

Lomba MTQ tingkat TPA / TPQ Se-Nagari Kapa dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat

Bagikan berita
Lomba MTQ tingkat TPA  TPQ Se-Nagari Kapa dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat
Lomba MTQ tingkat TPA TPQ Se-Nagari Kapa dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat

KONGKRIT.COM - Nagari Kapa di Kecamatan Luhak Nan Duo mengadakan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) / Taman Pendidikan Quran (TPQ) Se-Nagari Kapa di Masjid Raya Kapa pada Senin, 26 Maret 2024.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara pemerintahan Nagari Kapa dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yaptip Tahun 2024, yang resmi dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto.

Risnawanto dalam pidatonya, menjelaskan bahwa bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh kemuliaan, dengan banyak keutamaan, sehingga menjadi waktu yang paling baik bagi umat Muslim untuk memperbaiki diri dan meningkatkan iman serta ketakwaan kepada Allah.

"Kegiatan MTQ yang diselenggarakan melalui kerjasama antara Nagari Kapa dan mahasiswa KKN STAI Yaptip ini diharapkan mendapat berkah dan pahala dari Allah. Karena menghormati dan mengagungkan firman Allah di bulan suci. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, termasuk mahasiswa KKN. Kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah daerah tentang 'Magrib Mengaji' dan Tahfiz Al-Quran. Kegiatan ini, Alhamdulillah, sudah mulai diterapkan di setiap jorong dan nagari," ucapnya.

Menurutnya, apapun profesi dan jabatan yang dimiliki seseorang, semuanya akan kembali kepada Al-Quran dan dimulai dengan Al-Quran. Hal ini telah banyak dibuktikan bagi siapa pun yang menghormati Al-Quran.

"Terlebih lagi, Tahfiz Al-Quran telah diterima di perguruan tinggi dan sekolah lainnya, di mana para pelajar telah menghafal beberapa juz. Banyak prestasi yang dapat dicapai melalui penghafalan dan pengagungan Al-Quran," ujar Risnawanto.

Sementara itu, Wali Nagari Kapa, Nofrizon, menjelaskan bahwa MTQ yang diadakan merupakan bagian dari misi dan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat.

"Kami sebagai pemerintah nagari memberikan dukungan penuh. Kami ingin mendorong anak-anak agar lebih antusias dalam belajar mengaji dan menghafal Al-Quran," katanya.

Ia menambahkan, dengan diselenggarakannya lomba MTQ, ini akan menjadi langkah awal dalam menumbuhkan bakat-bakat yang nantinya akan diikutsertakan dalam lomba tingkat kecamatan, kabupaten Pasaman Barat, bahkan hingga tingkat provinsi.

"Mari ikuti kegiatan ini, raihlah prestasi, dan jadilah penghafal Al-Quran yang baik," pungkasnya.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini