Wujudkan Satu Data, BPS Kota Pariaman Sajikan Inovasi Melalui FGD

×

Wujudkan Satu Data, BPS Kota Pariaman Sajikan Inovasi Melalui FGD

Bagikan berita
Wujudkan Satu Data, BPS Kota Pariaman Sajikan Inovasi Melalui FGD
Wujudkan Satu Data, BPS Kota Pariaman Sajikan Inovasi Melalui FGD

KONGKRIT.COM - Dalam upaya menghasilkan data yang akurat dan kredibel, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Aktualisasi Pelaksanaan Statistik Sektoral Menuju Satu Data Indonesia".

Kegiatan ini, yang berlangsung di Balairung rumah dinas Walikota Pariaman pada Selasa 20 Februari 2024, bertujuan untuk finalisasi Publikasi Pariaman Dalam Angka 2024.

Yuliandri, Kepala BPS Kota Pariaman, memulai kegiatan dengan membuka acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk perwakilan Forkopimda, OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Rumah Sakit, dan Lembaga Pendidikan Tinggi di Kota Pariaman.

Narasumber utama, Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Kota Pariaman, Devi Hariandi, turut menyampaikan pemikiran dalam mendukung terciptanya Satu Data Indonesia.

"FGD Satu Data Kota Pariaman tahun 2024 merupakan inisiatif nyata dalam upaya menghasilkan data yang tidak hanya tepat, tetapi juga relevan. Data ini menjadi landasan krusial dalam perencanaan, memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil dapat tepat sasaran," ungkap Yuliandri.

Ia menekankan pentingnya peran setiap institusi dalam menghasilkan data yang seragam. BAPPEDA sebagai Sekretariat Satu Data, Dinas Kominfo sebagai Walidata, dan BPS sebagai Pembina data, dengan dukungan dari OPD serta instansi vertikal sebagai statistik sektoral, berkolaborasi dalam finalisasi dan crosscek data. Tujuannya, mencegah perbedaan data yang akan diumumkan dalam Pariaman Dalam Angka 2024.

"Data yang akurat, terkini, dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan pondasi penting untuk merumuskan kebijakan pemerintah yang efektif. Sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI), kegiatan ini mendukung tata kelola data untuk mendukung pembangunan," jelasnya.

Yuliandri menegaskan bahwa FGD ini bukan hanya pertemuan rutin setiap awal tahun, tetapi juga merupakan wadah penting untuk diskusi, sinkronisasi, dan evaluasi data yang akan disajikan dalam Buku Kota Pariaman Dalam Angka 2024.

"Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif peserta melalui sesi tanya jawab, memastikan informasi yang disajikan bermutu dan relevan. BPS memiliki tugas pokok melayani masyarakat, dan data yang dihasilkan akan menjadi rujukan utama dalam mengukur kemajuan pembangunan Kota Pariaman," pungkasnya.

Acara FGD Satu Data 2024 Kota Pariaman juga memperoleh nuansa interaktif dengan sesi tanya jawab antara peserta, moderator dari BPS Kota Pariaman, dan narasumber.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini