Dinas Kesehatan Kota Solok Evaluasi Program Intervensi Spesifik Penurunan Stunting

×

Dinas Kesehatan Kota Solok Evaluasi Program Intervensi Spesifik Penurunan Stunting

Bagikan berita
Dinas Kesehatan Kota Solok Evaluasi Program Intervensi Spesifik Penurunan Stunting
Dinas Kesehatan Kota Solok Evaluasi Program Intervensi Spesifik Penurunan Stunting

KONGKRIT.COM - Dinas Kesehatan Kota Solok menggelar evaluasi program intervensi spesifik terkait penanganan stunting di Kota Solok.

Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa OPD terkait dan Puskesmas se Kota Solok, berlangsung di Aula Dinas Kesehatan dr. H. Umar Ismail Rivai, M.Kes pada Selasa 7 Mei 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi, evaluasi, serta tindaklanjut dalam intervensi spesifik di Kota Solok dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesmas, Ns. Hartini, S.Kep, M. Biomed, yang menyampaikan bahwa intervensi spesifik adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengatasi penyebab langsung terjadinya stunting.

“Pertemuan Evaluasi Intervensi Spesifik Stunting hari ini digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Solok bertujuan untuk memberikan informasi dan evaluasi serta tindaklanjut dalam intervensi spesifik di Kota Solok dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Solok, dan juga adanya komitmen Bersama lintas sektor dan Puskesmas Kota Solok terkait dengan evaluasi program intervensi,” ujar Hartini.

“Harapan kita terlaksananya Evaluasi program intervensi spesifik ini untuk penanganan Stunting di Kota Solok sehingga menurunnya angka stunting di Kota Solok menjadi 14% pada tahun 2024 sesuai dengan target nasional,” tambahnya.

Dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, acara ini juga mengundang Narasumber Ahli dari Dokter Spesialis Obgyn Kota Solok, dr. Helwi Nofira, SpOG-K.

Dr. Helwi menjelaskan bahwa memahami penyebab dan intervensi untuk mencegah stunting adalah kunci penting untuk membantu anak-anak Indonesia tumbuh sehat.

“Intervensi spesifik pada masa 1000 hari pertama kehidupan merupakan kunci untuk mencegah stunting dan memastikan tumbuh kembang anak secara optimal. Kombinasi peningkatan asupan gizi ibu hamil, pemberian ASI eksklusif, dan pemberian MP-ASI yang tepat dapat memberikan dampak signifikan,” papar dr. Helwi.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini