Pj Bupati Tulungagung Buka Pencanangan Sub PIN Polio, Ini Harapannya

×

Pj Bupati Tulungagung Buka Pencanangan Sub PIN Polio, Ini Harapannya

Bagikan berita
Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno saat membuka pencanangan Sub PIN Polio  (Insert : Pj Bupati saat memberikan imunisasi pada salah satu anak)
Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno saat membuka pencanangan Sub PIN Polio (Insert : Pj Bupati saat memberikan imunisasi pada salah satu anak)

KONGKRIT.COM - Sejak tahun 2014 lalu Kabupaten Tulungagung sudah dinyatakan bebas penyakit Polio. Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno usai membuka kegiatan pencanangan Sub PIN Polio di kantor Desa Tulungrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, Senin (15/01/2024).

"Untuk kabupaten Tulungagung pada tahun ini telah mentargetkan sebanyak 114.166 anak yang akan mendapatkan vaksin polio yakni pada usia dibawah 8 tahun," jelasnya.

Menurutnya, pelaksanaan imunisasi polio ini bukan dilakukan di kabupaten Tulungagung saja, melainkan secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan adanya kasus polio pada anak di kepulauan Madura.

"Maka, untuk mencegah penularan di daerah lain juga dilakukan secara serentak di wilayah Jawa Timur," ujarnya.

"Ini dinamakan Sub PIN Polio, yang artinya siapa saja tanpa melihat riwayat imunisasinya, maka tetap akan mendapatkan imunisasi Polio," imbuhnya.

Lebih lanjut Heru berharap, dalam penanganan polio ini diperlukannya peran serta semua pihak agar semua anak bisa mendapatkan imunisasi.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya meminta kepada semua masyarakat agar tidak menolak program imunisasi tersebut.

Selain itu pihaknya juga akan menjemput bola dengan melakukan penyisiran pada rumah sasaran.

"Kita juga akan jemput bola bagi yang tidak bisa hadir agar tetap mendapatkan jatah imunisasi. Meskipun Tulungagung sudah dinyatakan aman, namun kita tidak boleh lengah, untuk itu imunisasi harus tetap dilakukan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr. Kasil Rokhmad menerangkan pelaksanaan Sub PIN Polio serentak ini dilakukan selama dua tahap, yakni tahap pertama untuk dosis satu pada tanggal 15 21 Januari 2024, dan yang tahap dua dilaksanakan pada tanggal 19 - 25 Februari 2024.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini