Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024

×

Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024

Bagikan berita
Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)
Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Cikeas - Cibitung sepanjang 19,65 Km, Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Paket 3 Kutanegara - Sadang sepanjang 8,5 Km dan Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo Seksi Colomadu - Klaten sepanjang 22,3 Km. (bpjt.pu.go.id)

2. Pulau Sumatera

Ruas Jalan Tol yang dapat Sobat Sumatera tempuh untuk jalur mudik dan balik adalah

Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar sepanjang 24,7 Km, Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung - Indrapura sepanjang 9, 47 Km dan Seksi 3 - 4 Tebing Tinggi - Sinaksak sepanjang 47,15 Km.

3. Jalan Tol Indarpura

Ruas Jalan Tol Indrapura yang dapat Sobat lewati tanpa tarif adalah

Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi 2 Lima Puluh - Kisaran sepanjang 32,15 Km, dan Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung Seksi 3 sebagian dari IC Musilandas - Desa Sukamulya sepanjang 21,2 Km.

Tulus menjelaskan, selama perjalanan melintasi tol fungsional ini, Sobat tidak akan dikenakan tarif apapun.

Namun begitu Sobat, Kementerian PUPR tetap menghimbau Sobat untuk melakukan tapping kartu e-toll di gerbang tol. Hal ini berguna untuk memastikan efisiensi dan kelancaran sistem pembayaran tol elektronik.

Tips Berkendara di Jalan Tol Fungsional

Selama perjalanan mudik ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan, sesuai dengan himbauan Kementerian PUPR, maksimal kecepatan yang diperbolehkan adalah 40 Km/Jam.

Hal ini dimaksudkan agar mengoptimalkan keamanan selama perjalanan. Kecepatan yang terlalu tinggi dapat membahayakan Sobat serta dapat menimbulkan debu, kondisi jalan yang licin terutama saat musim hujan.

Nah Sobat, semoga dengan tersedianya ruas tol gratis ini dapat memudahkan perjalanan mudik dan balik lebaran tahun 2024. Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya dan merayakan momen yang penuh kebahagiaan ini bersama keluarga tercinta.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : bpjt.pu.go.id, @KemenPU
Bagikan

Berita Terkait
Terkini