Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024

×

Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024

Bagikan berita
Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)
Catat! 7 Ruas Tol Gratis Ini Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Ramadan semakin mendekati akhir, untuk itu persiapan arus mudik Lebaran telah menjadi fokus utama bagi banyak pihak.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pihak-pihak terkait telah mengambil langkah konkret untuk memastikan kelancaran arus mudik tahun 2024 ini.

Dilansir langsung dari kanal berita Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di bpjt.pu.go.id, Kementerian PUPR telah membuka 7 ruas jalan tol yang diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk memudahkan perjalanan Sobat.

Dikutip dari bpjt.pu.go.id menurut salah seorang anggota BPJT, Tulus Abadi mengatakan bahwa "terdapat 7 ruas Jalan Tol yang berpotensi untuk difungsionalkan, yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera pada arus mudik dan arus balik Lebaran nanti, diantaranya terdapat 3 ruas tol fungsional di Pulau Jawa dan 4 ruas tol fungsional di Pulau Sumatera" Kata Tulus dalam wawancaranya bersama Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin 25 Maret 2024 lalu.

Apa itu Tol Fungsional ?

Sebelum kita melihat satu persatu ruas jalan yang dimaksud mari kita fahami bersama apa itu tol fungsional

Sobat, Tol Fungsional merupakan jalan bebas hambatan yang dapat digunakan secara darurat, dan membantu pemudik memotong waktu tempuh.

Menurut Kementerian PUPR yang dikutip dari salah satu postingan X @KemenPU, Jalan tol fungsional adalah jalan tol yang belum sepenuhnya selesai, sehingga belum ada pengenaan tarif bagi kendaraan yang melintas.

Kendati demikian Sobat, tol fungsional secara fungsi penggunaan ruas jalan sudah bisa digunakan untuk kendaraan, sehingga tidak bisa disebut jalur darurat.

"Pada jalan Tol Fungsional tetap diupayakan pada kesiapan perambuan, dan kondisi jalan yang diperhatikan kenyamanannya sebaik mungkin untuk pengendara" tambahnya.

7 Ruas Jalan Tol Gratis Untuk Pemudik

1. Jalan Tol Cimanggis

Ruas Jalan Tol Cimanggis yang dapat Sobat Lalui saat mudik adalah

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : bpjt.pu.go.id, @KemenPU
Bagikan

Berita Terkait
Terkini