Pemkab Pasbar Resmikan Layanan Panggilan Darurat dengan Pasbar Siaga 112

×

Pemkab Pasbar Resmikan Layanan Panggilan Darurat dengan Pasbar Siaga 112

Bagikan berita
Pemkab Pasbar Resmikan Layanan Panggilan Darurat dengan Pasbar Siaga 112
Pemkab Pasbar Resmikan Layanan Panggilan Darurat dengan Pasbar Siaga 112

KONGKRIT.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar peluncuran resmi Layanan Panggilan Darurat Pasbar Siaga 112 di Aula Kantor Bupati pada Minggu, 25 Februari 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Kominfo RI, Agung Setyo Utomo, Bupati Pasbar, Hamsuardi, Wakil Bupati, Risnawanto, Forkopimda Pasbar, General Manager Business Development PT Digital Sandi Indonesia, Hary Fridayanto, serta berbagai pihak terkait seperti Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, PMI, Camat, Wali Nagari, Insan Pers, dan stakeholder terkait.

Perwakilan Kementerian Kominfo RI, Agung Setyo Utomo, menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Pemda Pasbar karena berhasil mengaktifkan layanan nomor tunggal panggilan darurat 112.

Pasbar menjadi kabupaten ke-131 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang mengaktifkan layanan ini, dan Pasbar menjadi yang keenam di Provinsi Sumatera Barat. Hal ini dianggap sebagai hadiah ulang tahun yang istimewa untuk Bupati Pasbar.

Bupati Hamsuardi menyampaikan terima kasih kepada perwakilan Kementerian Kominfo yang ikut hadir dalam peluncuran Pasbar Siaga 112.

Ia juga berterima kasih kepada PT Digital Sandi Indonesia yang memberikan dukungan penuh untuk layanan tersebut. Bupati menekankan bahwa petugas layanan Pasbar Siaga 112 memiliki tanggung jawab besar sebagai sumber informasi pertama terkait musibah atau bencana di Pasbar.

General Manager Business Development PT Digital Sandi Indonesia, Hary Fridayanto, menyatakan kesiapannya untuk mendukung penuh layanan kedaruratan 112 di Pasbar. Ia berharap layanan tersebut dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Pasbar.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Kadis Kominfo Pasbar, Imter Pedri, menjelaskan bahwa Pasbar Siaga 112 bermula dari gempa bumi besar pada tahun 2022.

Layanan ini melibatkan berbagai OPD dan instansi terkait untuk memberikan layanan darurat. Personil Pasbar Siaga 112 terdiri dari Call Taker, Petugas Dispatcher, dan Responder, yang melibatkan berbagai instansi seperti Dinkes, RSUD, PMI, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Basarnas, dan Polres serta TNI.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini