Presiden RI Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang dan Pelaksanaan IJD di Riau

×

Presiden RI Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang dan Pelaksanaan IJD di Riau

Bagikan berita
Presiden RI Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang dan Pelaksanaan IJD di Riau
Presiden RI Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang dan Pelaksanaan IJD di Riau

KONGKRIT.COM - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang, khususnya ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar, serta Pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau.

Acara peresmian berlangsung pada Jumat pagi, 31 Mei 2024 di Gerbang Tol XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap I, yaitu Bangkinang ke Koto Kampar, telah selesai. Panjangnya mencapai 24,7 kilometer, dibangun sejak 2019 hingga 2024 dengan anggaran Rp4,8 triliun. Kini jalan tol ini sudah bisa digunakan,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Ia berharap pembangunan jalan tol ini dapat dilanjutkan hingga tersambung sepenuhnya dari Pekanbaru ke Kota Padang.

“Saya menitipkan kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang sudah selesai ini dapat direncanakan dan didesain untuk terhubung dengan kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, perkebunan, maupun pariwisata. Dengan demikian, manfaatnya akan nyata bagi rakyat, pertumbuhan ekonomi daerah, serta meningkatkan mobilitas orang dan barang, sehingga kita dapat bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” tutur Jokowi.

Selain meresmikan jalan tol, Jokowi juga meresmikan pelaksanaan IJD di Provinsi Riau. Pelaksanaan IJD ini mencakup pembangunan dan perbaikan sepuluh ruas jalan sepanjang 63 kilometer dengan total biaya Rp 369 miliar.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau,” kata Presiden Jokowi dalam penutup pidatonya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, serta Penjabat (Pj) Gubernur Riau S.F. Hariyanto.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini