Buka World Water Forum ke-10 di Bali, Presiden Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Kolaborasi Hadapi Tantangan Global

×

Buka World Water Forum ke-10 di Bali, Presiden Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Kolaborasi Hadapi Tantangan Global

Bagikan berita
Presiden Jokowi saat membuka KTT World Water Forum ke-10 di Bali
Presiden Jokowi saat membuka KTT World Water Forum ke-10 di Bali

KONGKRIT.COM - Presiden Jokowi secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang diadakan di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali pada tanggal 20 Mei 2024. Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengajak para pemimpin dunia dan pemangku kepentingan internasional untuk memperkuat kerja sama dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa hanya 1 persen dari air di Bumi yang dapat diakses untuk konsumsi manusia. Presiden Jokowi pun mengingatkan tentang pentingnya pengelolaan air yang efektif ditengah proyeksi kekeringan yang akan mempengaruhi 500 juta petani kecil pada tahun 2050.

Presiden menekankan kekayaan kearifan lokal Indonesia dalam mengelola air, seperti sistem irigasi subak di Bali yang sudah ada sejak abad ke-11. Sistem ini tidak hanya berfungsi untuk irigasi, tetapi juga mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya yang penting untuk keberlanjutan sumber daya air.

Forum yang bertema "Air bagi Kemakmuran Bersama" ini diharapkan menjadi platform penting untuk dialog dan kerja sama internasional. Forum ini berfokus pada penghindaran persaingan, pemerataan akses, kerja sama inklusif, serta mendukung perdamaian dan kemakmuran global melalui pengelolaan air.

"Dengan berkumpulnya kita hari ini di Bali, Indonesia berharap dunia dapat terus bekerja sama untuk memperkuat komitmen kolaborasi dalam mengatasi tantangan global terkait air," tambahnya.

Presiden Jokowi menutup sambutannya dengan seruan untuk menjaga sumber air sebagai upaya bersama memastikan kemakmuran bersama di masa depan, mencerminkan komitmen Indonesia dalam menghadapi tantangan global yang dihadapi oleh seluruh umat manusia.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Kementerian PUPR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini