Menuju Sekolah Adiwiyata, DLH Sosialisasi Gerakan PHBLS di SDN 06 Tanjung Paku

×

Menuju Sekolah Adiwiyata, DLH Sosialisasi Gerakan PHBLS di SDN 06 Tanjung Paku

Bagikan berita
Menuju Sekolah Adiwiyata, DLH Sosialisasi Gerakan PHBLS di SDN 06 Tanjung Paku
Menuju Sekolah Adiwiyata, DLH Sosialisasi Gerakan PHBLS di SDN 06 Tanjung Paku

KONGKRIT.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok melakukan sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) di SDN 06 Tanjung Paku, pada Sabtu 27 April 2024.

Kedatangan Nelli Amrianis, Penyuluhan Lingkungan dan Ovi Oktaviani sekaligus Penelaah Proses di Bidang Lingkungan disambut baik oleh Kepala Sekolah SDN 06 Tanjung Paku bersama tim Adiwiyata sekolah.

Nelli menjelaskan bahwa penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah/provinsi, atau pemerintah kabupaten/kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

Gerakan PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Sosialisasi tersebut menjelaskan tentang perubahan paradigma Adiwiyata dari yang lama menjadi Adiwiyata saat ini.

Sejak dikeluarkannya PermenLHK Nomor 52 Tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) dan PermenLHK Nomor 53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata, sebagai revisi dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

"Yang ditekankan dalam penilaian Adiwiyata adalah perubahan perilaku warga sekolah yang ramah lingkungan. Ada 3 komponen pemenuhan administrasi dalam penilaian Calon Sekolah Adiwiyata, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan/evaluasi," jelas Ovi.

"Kegiatan sosialisasi ini juga dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, bukan hanya sekedar dari pelajar saja tetapi juga dari semua pihak, sehingga kepedulian pada lingkungan dapat menjadi gerakan bersama,” lanjutnya.

SDN 06 Tanjung Paku telah berkomitmen untuk melaksanakan Gerakan PBLHS karena tujuannya adalah membentuk generasi yang ramah lingkungan.

Sekolah ini dipandang positif karena telah berinisiatif dalam mengajukan diri dan bersemangat untuk dibina serta dinilai sebagai Calon Sekolah Adiwiyata Kota.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini