Kenapa Proses Pinjaman KUR 2024 di Bank BRI, Mandiri dan BNI Lama Diproses? Ini Alasannya

×

Kenapa Proses Pinjaman KUR 2024 di Bank BRI, Mandiri dan BNI Lama Diproses? Ini Alasannya

Bagikan berita
Ilustrasi Pinjaman KUR
Ilustrasi Pinjaman KUR

KONGKRIT.COM - Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan pinjaman yang diberikan oleh beberapa Bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan uang kepada pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pinjaman KUR ini sendiri merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah juga memberikan subsidi bunga kepada untuk masyarakat sebesar 10 persen.

Tentunya, sangat banyak masyarakat yang mengajukan pinjaman KUR baik di Bank BRI, Mandiri, BNI maupun lembaga keuangan lainnya yang telah ditunjuk sebagai penyalur pinjaman KUR.

Tetapi, untuk dapat memperoleh pencairan pinjaman KUR ini juga bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Karena, banyak pemilik UMKM yang tidak berhasil mendapatkan pinjaman ini.

Bahkan, ada beberapa pemilik UMKM yang sudah berulang kali mengajukan pinjaman, tetapi tetap tidak mendapatkan pencairan pinjaman dengan subsidi bunga tersebut.

Pada tahun 2024 ini, banyak juga pemilik UMKM yang mengeluhkan lamanya proses pengajuan pinjaman KUR dan bahkan ada yang bisa langsung gagal.

Dilansir dari chanel Youtube Evan Al Zaed, ada beberapa hal yang menyebabkan proses pengajuan pinjaman KUR tersebut lama dan bahkan bisa langsung digagalkan oleh pihak Bank.

Penyebab pertama lamanya proses pinjaman KUR ini adalah karena dokumen yang diserahkan kepada pihak Bank tidak lengkap atau belum lengkap.

Biasanya, seorang marketing di Bank BRI, BNI, Mandiri dan lembaga keuangan lainnya akan memproses terlebih dahulu berkas nasabah yang sudah lengkap.

Sementara, untuk berkas nasabah yang belum lengkap akan disingkirkan terlebih dahulu dan nanti akan diproses jika semua yang lengkap sudah selesai.

Editor : RC 009
Bagikan

Berita Terkait
Terkini