Peringati HKBN 2024, Menko PMK: Kesiapsiagaan Harus Jadi Budaya

×

Peringati HKBN 2024, Menko PMK: Kesiapsiagaan Harus Jadi Budaya

Bagikan berita
Peringati HKBN 2024, Menko PMK: Kesiapsiagaan Harus Jadi Budaya
Peringati HKBN 2024, Menko PMK: Kesiapsiagaan Harus Jadi Budaya

KONGKRIT.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy secara resmi membuka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 di Gedung Youth Center, Kota Padang, Jumat 26 April 2024.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Siap untuk Selamat" yang disambut baik oleh masyarakat Kota Padang, terutama dari kalangan insan kebencanaan dan aktivis.

Muhadjir Effendy, Menko PMK mengungkapkan harapannya agar peringatan HKBN tidak hanya menjadi seremoni tahunan semata, melainkan dapat menjadi bagian dari budaya untuk selalu waspada terhadap bencana.

Ia menekankan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk mengenai jumlah shelter yang tersedia sebagai salah satu cara untuk meminimalisir dampak bencana.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, juga menyambut baik kegiatan HKBN ini. Baginya, HKBN adalah momentum penting untuk menggerakkan masyarakat agar mau melatih diri secara mandiri dalam menghadapi bencana, sekaligus mengevaluasi sumber daya yang tersedia, baik manusia maupun peralatan.

"Kota Padang mempunyai berbagai macam bentuk bencana, sehingga rangkaian kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," ujarnya.

"Dalam kesempatan ini, Kota Padang melaksanakan latihan ujian sirine sistem peringatan dini, simulasi mandiri, dan uji terap tempat evakuasi sementara. Latihan difokuskan pada gempa dan tsunami, mengingat potensi risiko yang besar," jelasnya.

Pemerintah Kota Padang telah memasang marka biru pada jalan sebagai penanda aman dari tsunami di ruas jalan yang berhadapan langsung dengan pantai sebanyak 25 buah.

"Oleh karena itu, jika nanti terjadi bencana seperti tsunami, masyarakat telah mempunyai panduan untuk melakukan evakuasi. Mari kita bersatu dan berkolaborasi dalam melakukan penanggulangan bencana," pungkasnya.

Peringatan HKBN tahun ini juga diikuti oleh 17 provinsi, 30 kabupaten/kota, dan 180 desa melalui jalur daring.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini