4.264 Titik BI Siap Layani Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran 2024

×

4.264 Titik BI Siap Layani Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran 2024

Bagikan berita
4.264 Titik BI Siap Layani Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)
4.264 Titik BI Siap Layani Penukaran Uang Baru Jelang Lebaran 2024. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Ramadan identik dengan tradisi mudik dan penukaran uang baru, menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024 Bank Indonesia (BI) membuka layanan di 4.264 titik sejak 15 Maret hingga 7 April 2024 mendatang.

Penukaran uang baru jelang lebaran tahun 2024 merupakan inisiatif BI guna memastikan ketersediaan uang baru bagi masyarakat jelang hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

Dilansir dari cnnindoensia.com Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono, menjelaskan bahwa terdapat peningkatan layanan dalam agenda penukaran uang baru tahun ini. Salah satunya adalah peningkatan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp4 juta, dibandingkan dengan sebelumnya hanya Rp3,8 juta.

Modernisasi Armada dan Digitalisasi

BI juga melakukan modernisasi armada kas keliling serta menambahkan fitur digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR. Hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam proses menukar uang baru.

Menurut keterangan resmi Deputi Gubernur BI, layanan penukaran juga disediakan melalui layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional, pasar modern, serta kas keliling susur sungai di beberapa wilayah.

Layanan Terpadu di DKI Jakarta

Khusus di DKI Jakarta, BI bersama perbankan menyelenggarakan layanan penukaran terpadu di Istora Senayan pada 28 Maret 2024-31 Maret 2024. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat.

Inovasi Serupa di Daerah Lain

Tidak hanya di Jakarta, daerah-daerah lain juga melakukan inovasi serupa. Lokasi penukaran uang juga akan digelar di tempat strategis seperti stadion dan alun-alun kota.

Cara Menukar Uang Baru untuk Lebaran 2024

Proses menukar uang baru untuk Lebaran 2024 dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs PINTAR di pintar.bi.go.id.
  2. Klik menu 'Penukaran uang rupiah melalui kas keliling'.
  3. Pilih provinsi untuk mencari tempat penukaran uang, lalu klik 'Lihat lokasi'.
  4. Akan muncul daftar lokasi penukaran uang, alamat, hingga jam operasional. Pilih salah satu lokasi dan klik opsi 'Pilih' berwarna hijau.
  5. Isi data pemesan dengan memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Sobat juga akan diminta mengisi nomor telepon dan alamat email.
  6. Setelah itu, pilih jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, sesuai peraturan jumlah dan jenis pecahan dari BI.
  7. Lakukan pemesanan dan Sobat akan memperoleh bukti pemesanan.
  8. Datang ke lokasi penukaran yang dipilih dengan membawa uang yang ingin ditukar serta tunjukan bukti pemesanan.

Dengan langkah-langkah tersebut, masyarakat diharapkan dapat dengan mudah dan lancar menukar uang baru untuk persiapan menyambut Lebaran 2024.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar persiapan Lebaran 2024 dan berita ekonomi terkini hanya di Kongkrit.com!

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : cnnindonesia.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini