Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Desa Bandung Tulungagung Nyekar Bareng dan Tahlil Kubro di TPU

×

Tradisi Jelang Ramadhan, Warga Desa Bandung Tulungagung Nyekar Bareng dan Tahlil Kubro di TPU

Bagikan berita
Warga desa Bandung saat menggelar tahlil kubro di TPU setempat
Warga desa Bandung saat menggelar tahlil kubro di TPU setempat

KONGKRIT.COM - Beragam kegiatan masih menjadi tradisi warga masyarakat Jawa Timur dalam setiap menjelang datangnya bulan Ramadhan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat di Desa Bandung, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

Disetiap menjelang datangnya bulan Ramadhan warga masyarakat masih mengadakan acara mulai dari selamatan Megengan, kegiatan bersih-bersih di tempat ibadah dan juga melakukan kerja bakti membersihkan pemakaman umum di desanya. Setelah itu warga juga melanjutkannya dengan mengadakan acara Nyekar atau ziarah kubur di makam desa setempat untuk mengirimkan doa kepada sanak saudara, orang tua maupun leluhurnya yang sudah meninggal.

Wiji Astuti, Kepala Desa Bandung mengatakan, dalam tradisi nyekar ini pihaknya bersama berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga mengadakan Nyekar Bareng dan Tahlil Kubro di TPU desanya dengan dipimpin oleh tokoh agama setempat.

Dikatakannya, warga Desa Bandung sangat antusias dan kompak dalam berbagai kegiatan seperti halnya setiap menjelang datangnya bulan Ramadhan.

"Tradisi nyekar ini memang sudah menjadi tradisi bagi warga kami, untuk itu maka kita adakan kegiatan Nyekar Bareng dan Tahlil Kubro dan ini juga sudah di lakukan seperti pada tahun sebelumnya di setiap menjelang datangnya bulan Ramadhan," ujar Wiji Astuti, Sabtu (09/03/2024).

Atas terlaksananya kegiatan tersebut pihaknya atas nama Pemerintah Desa mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama serta seluruh warga masyarakatnya. sehingga kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses.

"Atas nama pemdes maupun pribadi, saya mengucapkan banyak terimakasih atas keguyub rukunannya warga semua. Semoga apa kita lakukan ini bisa menjadi barokah bagi kita semua dan menjadi salah satu amalan yang maslahah fiddini waddunya wal akhirah," ucapnya.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut bisa mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kekompakan antar warga, untuk membawa kemajuan guna membangun desa.

"Semoga kita semua selalu diberikan nikmat oleh Allah SWT berupa keimanan, kekuatan, kesehatan, panjang umur serta rezeki yang barokah, sehingga nantinya kita semua bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang penuh barokah," tuturnya.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini