Leap Day 2024, Hari Spesial yang Hanya Terjadi Sekali Dalam 4 Tahun

×

Leap Day 2024, Hari Spesial yang Hanya Terjadi Sekali Dalam 4 Tahun

Bagikan berita
Leap Day 2024, Hari Spesial yang Hanya Terjadi Sekali Dalam 4 Tahun. (Foto : Dok. Istimewa)
Leap Day 2024, Hari Spesial yang Hanya Terjadi Sekali Dalam 4 Tahun. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Leap Day, atau Hari Kabisat, adalah hari tambahan yang ditambahkan ke kalender setiap 4 tahun sekali. Pada tahun 2024, Leap Day jatuh pada tanggal 29 Februari.

Mengapa ada Leap Day?

Bumi membutuhkan waktu 365,2422 hari untuk mengorbit matahari. Kalender standar kita memiliki 365 hari, sehingga ada selisih waktu 0,2422 hari setiap tahun. Selisih ini akan terus bertambah jika tidak diatasi.

Leap Day ditambahkan untuk menyesuaikan kalender dengan siklus matahari. Dengan menambahkan satu hari setiap 4 tahun, kalender kita tetap sinkron dengan musim dan peristiwa astronomi lainnya.

Tradisi dan Perayaan Leap Day

Di banyak negara, Leap Day memiliki tradisi dan perayaan unik. Berikut beberapa contohnya:

  • Irlandia:Wanita di Irlandia boleh melamar pria pada Leap Day. Jika pria menolak, dia harus memberikan hadiah kepada wanita.
  • Skotlandia:Orang-orang Skotlandia merayakan Leap Day dengan "menangkap" wanita yang belum menikah. Wanita yang tertangkap harus mencium pria yang menangkapnya.
  • Yunani:Di Yunani, Leap Day dianggap sebagai hari yang sial. Banyak orang Yunani menghindari pernikahan dan acara penting lainnya pada Leap Day.

Fakta Menarik tentang Leap Day:

  • Orang yang lahir pada Leap Day disebutleapling. Mereka hanya merayakan ulang tahun mereka pada tanggal 29 Februari setiap 4 tahun sekali.
  • Leap Day pertama kali diperkenalkan olehJulius Caesarpada tahun 46 SM.
  • PausGregorius XIIImerevisi sistem Leap Day pada tahun 1582.

Leap Day adalah hari istimewa yang hanya terjadi sekali dalam 4 tahun. Hari ini memiliki sejarah panjang dan tradisi unik di berbagai budaya.

Leap Day juga merupakan pengingat bahwa Bumi terus bergerak dan berputar mengelilingi matahari.

Demikianlah artikel tentang Leap Day 2024. Hari ini adalah hari yang istimewa untuk merenungkan hubungan kita dengan Bumi dan alam semesta.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini