Oops Skandal Korupsi Mengguncang Dunia! Negara Mana yang Paling Korup?

×

Oops Skandal Korupsi Mengguncang Dunia! Negara Mana yang Paling Korup?

Bagikan berita
Oops Skandal Korupsi Mengguncang Dunia! Negara Mana yang Paling Korup? (Foto : Dok. Istimewa)
Oops Skandal Korupsi Mengguncang Dunia! Negara Mana yang Paling Korup? (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRTI.COM - Korupsi bagaikan kanker yang menggerogoti fondasi negara, menghambat kemajuan dan mencederai rasa keadilan.

Transparency International, melalui Corruption Perceptions Index (CPI) 2023, kembali memotret wajah kelam korupsi di dunia.

Di mana sajakah negara-negara yang terperosok dalam jurang korupsi terdalam?

10 Negara Paling Korup di Dunia:

  1. Somalia(Skor CPI: 11) - Kekacauan politik dan konflik berkepanjangan menjadi lahan subur bagi korupsi di Somalia.
  2. Venezuela(Skor CPI: 13) - Krisis ekonomi dan politik yang parah memperparah korupsi di Venezuela, mencekik rakyatnya dengan kemiskinan.
  3. Suriah(Skor CPI: 13) - Perang saudara yang tak kunjung usai menjadi celah bagi praktik korupsi yang merajalela di Suriah.
  4. Sudan Selatan(Skor CPI: 13) - Korupsi merajalela di negara muda ini, menghambat pembangunan dan memperparah krisis kemanusiaan.
  5. Yaman(Skor CPI: 16) - Perang dan konflik berkepanjangan, serta lemahnya institusi pemerintahan, menjadikan Yaman sarang korupsi.
  6. Korea Utara(Skor CPI: 17) - Rezim totalitarian di Korea Utara menutupi tingkat korupsi yang sebenarnya, namun berbagai indikasi menunjukkan praktiknya marak.
  7. Nikaragua(Skor CPI: 17) - Pemerintahan otoriter dan lemahnya kontrol publik membuat korupsi di Nikaragua sulit dikendalikan.
  8. Haiti(Skor CPI: 17) - Kemiskinan, ketidakstabilan politik, dan bencana alam menjadi faktor yang memperparah korupsi di Haiti.
  9. Guinea Ekuator(Skor CPI: 17) - Korupsi sistemik dan penyalahgunaan kekuasaan oleh rezim pemerintah menjadi momok bagi Guinea Ekuator.
  10. Turkmenistan(Skor CPI: 18) - Rezim otoriter dan kontrol ketat informasi membuat tingkat korupsi di Turkmenistan sulit diukur, namun diyakini cukup tinggi.

Di Mana Posisi Indonesia?

Indonesia, dengan skor CPI 34, menempati peringkat 65 dari 180 negara. Skor ini masih jauh dari rata-rata global (43) dan menunjukkan bahwa korupsi masih menjadi problem serius di negeri kita.

Meskipun upaya pemberantasan korupsi terus dilakukan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Memperkuat institusi penegak hukum, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta membangun budaya anti-korupsi menjadi kunci untuk memerangi korupsi di Indonesia.

Mari Bersatu Melawan Korupsi!

Korupsi bukan hanya masalah pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua. Mari bersama-sama membangun budaya anti-korupsi dan mendorong terciptanya Indonesia yang bersih, adil, dan sejahtera.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini