Intip Real Gaji Magang di Jepang, Kerja Berat Nominalnya Bikin Pusing, Serius Sanggup?

×

Intip Real Gaji Magang di Jepang, Kerja Berat Nominalnya Bikin Pusing, Serius Sanggup?

Bagikan berita
Ilustrasi magang di Jepang.
Ilustrasi magang di Jepang.

KONGKRIT.COM - Intip real gaji magang di Jepang, kerja berat nominalnya bikin pusing, serius sanggup?

Seperti dilansir Kongkrit.com melalui kanal YouTube Daris Putra Wongki, Rabu, 6 Desember 2023, dari total gaji keseluruhan banyak potongannya, mulai potongan listrik, gas, tempat kos, biaya kesehatan.

"Kemudian juga ada potongan jaminan masa tua atau sering disebut BPJS dan bisa dicairin saat sudah habis kontrak," katanya.

Lantas, berapa sih pendapat magang di Jepang per bulan?

Daris membeberkan, gaji pokoknya sebagai pemagang sebesar 144 atau sekitar Rp14,400 juta setelah pemotongan. Jika ditotalkan keseluruhan dapat Rp17 juta per bulan sudah termasuk lembur sebesar Rp2.600.000.

"Lembur setiap Sabtu, kalau misalnya jam normal dan hari normal tidak ada lembur. Jadi Rp14,400 juta Rp2,6 juta kalau ditotalkan jadi Rp17 juta tanpa potongan," katanya.

Daris menjelaskan, jika dihitung potongan asuransi, pajak, kesehatan dan lain-lain totalnya adalah Rp5.300.000. Pada bulan Agustus karena bertepatan dengan hari libur maka banyak pemotongan gajinya bahkan hanya mendapat upah Rp11 juta.

"Libur seminggu dan dapatnya Rp11 juta karena sekarang ini kursnya lagi turun. Misalnya kita dapat Rp1 juta di Jepang dan dikirim ke Indonesia jadi gak berkembang," katanya.

Daris menegaskan, bahwa jadi pemagang di Jepang tidak seindah yang dipikirkan. Saat itu dirinya berpikir gaji sekian dan bisa nabung sekian ternyata sudah dijalani tidak sesuai dengan realita.

"Saya sudah menjalaninya di sini kurang lebih 1 tahun realnya sebagai pemegang mentok-mentok hanya dapat Rp15 juta, Rp14 juta," katanya.

Editor : RC 008
Sumber : YouTube Daris Putra Wongki
Bagikan

Berita Terkait
Terkini