Update Terbaru KUR BRI 2024, Plafon, Syarat, dan Prosedur ada disini

×

Update Terbaru KUR BRI 2024, Plafon, Syarat, dan Prosedur ada disini

Bagikan berita
Update Terbaru KUR BRI 2024, Plafon, Syarat, dan Prosedur ada disini. (Foto : Dok. Kongkrit.com)
Update Terbaru KUR BRI 2024, Plafon, Syarat, dan Prosedur ada disini. (Foto : Dok. Kongkrit.com)

KONGKRIT.COM - Sebelum mengajukan pinjaman ke bank, baik itu berupa pinjaman rakyat seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau Kupedes, Sobat harus tahu dulu peraturan terbaru terkait penyaluran KUR di tahun 2024 ini.

Dilansir dari kanal YouTube Enr Project Review dalam video yang berjudul "Tutorial Ajukan KUR MIKRO BRI Juli 2024, Untuk BRI Unit yang Masih Sehat," Senin, 8 Juli 2024, menurut narator, penyaluran kredit Bank BRI akan berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan unit Bank BRI tersebut.

Perlu Sobat ketahui juga, kredit KUR super mikro BRI dengan plafon maksimal sampai dengan Rp1 juta dan suku bunga hanya 3% masih belum bisa disalurkan karena tingkat NPL atau Non-Performing Loan-nya masih tinggi, alias di atas 5% secara nasional.

Terkadang pihak Bank BRI terpaksa melakukan stop selling dikarenakan banyaknya kredit macet oleh nasabah. Hal ini secara tidak langsung akan mempersulit masyarakat atau nasabah lain yang ingin mengajukan kredit KUR di masa yang akan datang.

Persyaratan Umum Mengajukan KUR BRI Tahun 2024

Sekarang kita beranjak kepada persyaratan umum mengajukan KUR BRI Tahun 2024. Perlu diperhatikan bahwa pengajuan KUR Mikro BRI harus memperhatikan kondisi NPL atau Non-Performing Loan unit kerja di bawah 5%, karena NPL dengan angka 5% ke bawah adalah rasio NPL yang sehat.

Berikut ini adalah persyaratan yang harus Sobat penuhi untuk melakukan pengajuan KUR Mikro BRI tahun 2024:

Syarat Umum Pengajuan KUR BRI 2024

Syarat umum untuk mengajukan KUR BRI 2024 di unit kerja dengan NPL di bawah 5%:

  1. Usia minimal 21 tahun, dimungkinkan di bawah 21 tahun asal sudah menikah, dan maksimal 75 tahun pada saat kredit KUR BRI itu lunas.
  2. Bukan merupakan ASN, TNI, dan Polri.
  3. Belum pernah menerima pembiayaan modal kerja atau investasi komersial baik itu di BRI seperti KUPEDES atau dari bank dan lembaga lain seperti KUM dari Bank Mandiri sampai SPinjam dari aplikasi Shopee. Jika calon debitur pernah menerima kredit modal kerja di bank atau lembaga lain meskipun sudah lunas, tetap tidak bisa diberikan KUR BRI R tahun 2024.
  4. Boleh memiliki kredit konsumsi seperti KPR, KKB, kartu kredit, kredit pensiunan, kredit resigudang, dan kredit konsumsi lain seperti pinjol dan Paylater dengan catatan kolektabilitasnya wajib lancar.
  5. Memiliki usaha UMKM produktif milik sendiri yang layak dan sudah berjalan minimal 6 bulan. Jangan pernah coba-coba meminjam usaha orang lain untuk bermohon KUR. Jangan pernah juga meminjamkan nama kita untuk pengajuan KUR dan uang dipakai orang lain karena yang akan rugi kita sendiri nantinya.

Proses Audit Pencairan KUR dan KUPEDES

Untuk saat ini, setiap pencairan KUR ataupun KUPEDES BRI akan langsung dilakukan audit intern oleh petugas audit kantor cabang BRI.

Limit Akumulasi Plafon KUR BRI

Mungkin bahasan ini perlu Sobat pahami perlahan, karena masih banyak sekali yang bertanya kenapa pinjaman Sobat ditolak padahal Sobat nasabah lama sudah sering menerima KUR dan setoran selalu lancar.

Ternyata Sobat belum tahu atau belum paham mengenai aturan maksimal akumulasi plafon penerimaan pinjaman KUR BRI.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : YouTube Enr Project Review
Bagikan

Berita Terkait
Terkini