Prabowo Subianto Hadiri KTT di Yordania untuk Dukung Gencatan Senjata di Gaza

×

Prabowo Subianto Hadiri KTT di Yordania untuk Dukung Gencatan Senjata di Gaza

Bagikan berita
Prabowo Subianto Hadiri KTT di Yordania untuk Dukung Gencatan Senjata di Gaza. (Foto : Dok. Istimewa)
Prabowo Subianto Hadiri KTT di Yordania untuk Dukung Gencatan Senjata di Gaza. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Amman, Yordania pada Senin, 10 Juni 2024, untuk mewakili Presiden RI Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang membahas strategi gencatan senjata di Gaza.

Dilansir dari laporan yang disampaikan oleh detik.com, Kedatangan Prabowo disambut oleh Minister Of State for Prime Ministry Affairs Ibrahim Mashhour Al Jazi dan Atase Pertahanan RI untuk Mesir di Kairo, Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh.

Pada konferensi yang berlangsung pada Selasa, 11 Juni 2024, Prabowo akan menyuarakan dukungan Indonesia terhadap gencatan senjata di Gaza, Palestina.

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Brigadir Jenderal TNI Edwin Adrian Sumanta, menjelaskan bahwa konferensi ini digagas oleh Presiden Mesir Abdul Fattah Al-Sisi, Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Tujuan dari konferensi ini adalah untuk mengidentifikasi cara-cara memperkuat respon komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza.

Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia siap menawarkan bantuan, termasuk pasukan perdamaian, rumah sakit lapangan, tenaga kesehatan, dan evakuasi korban.

Namun, Prabowo menegaskan bahwa Indonesia tetap pada pendiriannya bahwa penyelesaian konflik di Gaza harus melalui gencatan senjata dan negosiasi.

"Indonesia tegas mendukung kemerdekaan rakyat Palestina, solusi dua negara, dan semua usaha gencatan senjata segera," ujar Prabowo di sela-sela KTT tersebut.

Selain menghadiri konferensi, Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan sahabat lamanya, Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein.

Sebelum pertemuan tersebut, Prabowo bahkan mengunggah beberapa momen kebersamaannya dengan Raja Yordania saat masih menjadi prajurit di akun Instagramnya.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini