Waterfront City Pangururan, Destinasi Pariwisata Berkelas Dunia di Kabupaten Samosir

×

Waterfront City Pangururan, Destinasi Pariwisata Berkelas Dunia di Kabupaten Samosir

Bagikan berita
Air Mancur menari kelas dunia di Waterfront City Pangururan
Air Mancur menari kelas dunia di Waterfront City Pangururan

KONGKRIT.COM - Waterfront City Pangururan merupakan sebuah konsep pembangunan kota yang bertumpu pada keberadaan perairan di sekitarnya, terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dengan garis pantai yang membentang sejauh 1,5 km, Pangururan memiliki potensi yang sangat besar sebagai destinasi pariwisata yang menarik.

Pada tahun 2023, Kementerian PUPR telah melakukan penataan kawasan Waterfront City Pangururan dalam rangka mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) berskala dunia. Penataan ini meliputi beberapa zona seperti Taman Pustaha, Tanjung Horbo, Aek Na Tio, Taman Rohani, Galeri Samosir, Totem Dunia, dan Pelataran Onan Baru.

Permainan Jetski
Permainan Jetski

Salah satu daya tarik utama kawasan ini adalah pertunjukan air mancur menari kelas dunia yang disertai dengan musik, video opera, dan tata lampu yang memukau.

Selain itu, Waterfront City Pangururan juga memiliki potensi sebagai destinasi wisata olahraga. Pada tahun 2023, kawasan ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Aquabike Jet Ski World Championship 2023 yang berhasil menarik ratusan ribu penonton.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam dan seni budaya, Waterfront City Pangururan juga memiliki nilai budaya yang kaya dengan adanya Pelataran Totem yang menyatukan lima patung kayu dari kebudayaan Batak dan Papua. Dengan demikian, kawasan ini bukan hanya menjadi magnet bagi para wisatawan lokal, tetapi juga internasional.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Sumber : Kementerian PUPR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini