Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat, Pemkab Limapuluh Kota Jalin Kerjasama dengan PA dan Kemenag

×

Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat, Pemkab Limapuluh Kota Jalin Kerjasama dengan PA dan Kemenag

Bagikan berita
Penandatanganan Naskah Kerjasama Pemkab Limapuluhkota dengan Pengadilan Agama dan Kemenag, Jum'at (2/2/2024).
Penandatanganan Naskah Kerjasama Pemkab Limapuluhkota dengan Pengadilan Agama dan Kemenag, Jum'at (2/2/2024).

KONGKRIT.COM - Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota baru saja menjalin kerja sama dengan Pengadilan Agama (PA) Tanjung Pati, Pengadilan Agama Payakumbuh, dan Kemenag Limapuluh Kota. Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan di Aula PA Payakumbuh, Jumat (2/2/2024) dengan tujuan meningkatkan pelayanan masyarakat pencari keadilan, termasuk sidang isbath nikah, sidang keliling, sidang perkara lainnya, dan perubahan data secara terintegrasi dan digital.

Ruang lingkup kerja sama mencakup penerbitan dokumen kependudukan akibat perceraian, pernikahan, asal usul anak, pembatalan perkawinan, serta penerbitan buku nikah akibat putusan atau penetapan pengesahan perkawinan.

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, menyebut bahwa kerja sama ini merupakan upaya percepatan pencapaian misi daerah, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi publik.

Bupati juga menekankan bahwa kerja sama ini memberikan kepastian bagi lebih dari 5000 pasangan suami istri di Lima Puluh Kota yang belum memiliki dokumen pernikahan. Hal ini dianggap penting untuk memastikan hak warga negara dalam memperoleh dokumen kependudukan seperti KK, KTP, dan Akte Kematian.

H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Dinas Dukcapil, dan Pengadilan Agama atas konsep bersama yang mewujudkan kegiatan ini. Ia juga mengucapkan terima kasih khusus kepada Bupati Lima Puluh Kota atas dukungan terbaiknya terhadap layanan keagamaan berkualitas di daerah tersebut.

Selain Bupati dan Kakan Kemenag, turut hadir dalam penandatanganan para kepala Pengadilan Agama Payakumbuh, Tanjung Pati, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota, dan Plt.Kepala Disdukcapil Erinaldi.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini