Prestasi Gemilang, Festival Lima Danau (F5D) Masuk Top 100 Karisma Even Nusantara (KEN) 2024, Menjadi Keunggulan Wisata Sumatera Barat

×

Prestasi Gemilang, Festival Lima Danau (F5D) Masuk Top 100 Karisma Even Nusantara (KEN) 2024, Menjadi Keunggulan Wisata Sumatera Barat

Bagikan berita
Prestasi Gemilang, F5D Masuk Top 100 KEN 2024 Menjadi Keunggulan Wisata Sumatera Barat.
Prestasi Gemilang, F5D Masuk Top 100 KEN 2024 Menjadi Keunggulan Wisata Sumatera Barat.

KONGKRIT.COM - Festival 5 Danau (F5D) di Kabupaten Solok telah memperoleh prestasi luar biasa dengan masuk ke dalam Top 100 Karisma Even Nusantara (KEN) 2024.

Kabar gembira ini diumumkan secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Gedung Sasono Langen Budoyo, TMMI Jakarta, Senin, 29 Januari 2024.

F5D menjadi salah satu dari 110 acara yang terpilih dari total 252 acara daerah yang dikurasi untuk KEN 2024.

F5D di Kabupaten Solok merupakan salah satu peristiwa wisata unggulan yang menyoroti kekayaan alam dan manajemen yang efektif.

Menurut Fathnaini Aisyah, Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, keikutsertaan F5D dalam KEN 2024 diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan juga berhasil menempatkan enam acara dalam KEN 2024, menjadikan Sumbar sebagai jumlah terbanyak dibandingkan provinsi lain.

Selain F5D, acara dari daerah lain di Sumatera Barat yang termasuk dalam KEN antara lain Hoyak Tabuik Pariaman, Rang Solok Baralek Gadang, Sissca, Botuang Festival, dan Festival Minangkabau.

Ni Komang Ayu Astiti, Plh Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf/Baparekraf, menegaskan pentingnya pemetaan media sosial oleh pemerintah daerah untuk memaksimalkan promosi secara digital.

Tujuannya adalah meningkatkan daya tarik acara-acara tersebut dan mendukung pemulihan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif di Indonesia.

Peluncuran Top 100 KEN 2024 dihadiri oleh perwakilan kementerian dan lembaga, gubernur, serta kepala daerah kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia yang berhasil masuk dalam Karisma Even Nusantara tahun 2024.

Editor : Herawati Elnur
Bagikan

Berita Terkait
Terkini