Penyakit X Mengintai! Apa yang Harus Kita Ketahui untuk Melindungi Diri?

×

Penyakit X Mengintai! Apa yang Harus Kita Ketahui untuk Melindungi Diri?

Bagikan berita
Penyakit X Mengintai! Apa yang Harus Kita Ketahui untuk Melindungi Diri? (Foto : Dok. Istimewa)
Penyakit X Mengintai! Apa yang Harus Kita Ketahui untuk Melindungi Diri? (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM -Para pemimpin industri kesehatan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, baru-baru ini membahas perencanaan menghadapi apa yang disebut sebagai "Penyakit X".

Ini adalah istilah hipotetis yang merujuk pada penyakit menular misterius yang dapat menyebabkan epidemi dan potensial menjadi pandemi global.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan tentang pentingnya persiapan untuk menghadapi Penyakit X, mengingat pengalaman yang diperoleh selama pandemi Covid-19.

Apa Itu Penyakit X?

Dilansir dari berbagai sumber penyakit X adalah istilah yang telah diadopsi oleh WHO untuk merujuk pada penyakit menular misterius yang dapat menyebabkan epidemi dan berpotensi menjadi pandemi global.

Meskipun belum diketahui keberadaannya saat ini, para peneliti dan pakar kesehatan bersiap secara proaktif untuk membuat rencana tindakan menghadapi ancaman potensial ini.

Mengantisipasi Pandemi

Dikutip dari liputan6.com pada Forum Ekonomi Dunia, Ketua WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus memimpin sesi panel tentang "Mempersiapkan Penyakit X."

Meskipun ada kekhawatiran bahwa informasi ini dapat menimbulkan kepanikan, Dr. Tedros menggarisbawahi pentingnya mengantisipasi potensi pandemi dan bersiap menghadapinya.

Asal Muasal Pandemi

Sebagian besar ahli kesehatan khawatir tentang asal muasal pandemi yang berasal dari hewan.

Faktanya, 75% penyakit yang baru muncul bersifat zoonosis, dapat menyebar dari hewan ke manusia.

Dengan dampak manusia terhadap iklim, perambahan habitat satwa liar, dan perjalanan global, risiko penyebaran penyakit zoonosis menjadi lebih besar.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : Dilansir dari Berbagai Sumber
Bagikan

Berita Terkait
Terkini