DPRD Tebingtinggi Gelar Rapat Paripurna Bahas Nota Pengantar LKPJ Wali Kota Tahun 2023

×

DPRD Tebingtinggi Gelar Rapat Paripurna Bahas Nota Pengantar LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Bagikan berita
Rapat Paripurna Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Pj. Wali Kota Tebingtinggi tahun 2023
Rapat Paripurna Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Pj. Wali Kota Tebingtinggi tahun 2023

KONGKRIT.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tebingtinggi menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pj Wali Kota Tebingtinggi Tahun Anggaran (TA) 2023, dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar Wali Kota, pada hari Rabu (24/04/2024). Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H.yang didampingi Wakil Ketua I H.M. Azwar, S.Si dan Wakil Ketua II Iman Irdian Saragih, S.E.dan dihadiri oleh seluruh OPD serta instansi terkait bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kota, Jl. Dr. Sutomo Kota Tebingtinggi.

Pj. Wali Kota Tebingtinggi Drs. Syarmadhani, M.Si mengatakan bahwa rancangan APBD Kota Tebingtinggi Tahun Anggaran 2023 lebih responsif terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang lalu, namun masih tetap dibayangi risiko gejolak ekonomi global yang masih tinggi yang dapat memicu lonjakan harga-harga komoditas global dan risiko krisis pangan yang dapat mendorong kenaikan laju inflasi termasuk di Kota Tebingtinggi.

"Peningkatan angka kemiskinan ekstrem, penanganan stunting dan pelaksanaan Pemilu 2024, juga menjadi tantangan yang perlu mendapat perhatian serius untuk diprioritaskan pada tahun 2023, disamping prioritas lainnya seperti bidang pendidikan, peningkatan infrastruktur dan tenaga kerja serta mengoptimalkan belanja daerah untuk mendanai belanja yang bersifat mengikat dan belanja yang bersifat wajib guna terjaminnya kelangsungan pemenuhan pelayanan dasar masyarakat," jelas Pj. Wali Kota.

Menurutnya, mewujudkan iklim investasi yang meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan percepatan penyediaan lapangan kerja untuk menurunkan angka pengangguran, kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat serta pelayanan umum yang semakin berkualitas juga turut menjadi perhatian.

“Laporan keuangan yang telah diaudit oleh BPK nanti akan disampaikan pada saat penyampaian rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023," ujar Pj. Wali Kota.

Pj Wali Kota menyebut bahwa laporan keuangan APBD Kota Tebingtinggi TA 2023 untuk pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp.736.962.089.260,00,-. Nilai tersebut berkurang menjadi Rp.718.244.083.597,-, pada P-APBD 2023. Realisasi pendapatan daerah sebesar Rp. 696.693.097.673 atau sebesar 97%. Sementara belanja daerah ditargetkan sebesar Rp. 740.962.089.260,-, berkurang menjadi Rp. 723.358.324.192,-, pada P-APBD 2023. Dan Realisasi belanja daerah adalah sebesar Rp.674.037.630.356,66,-. Dengan demikian, capaian realisasi belanja daerah adalah sebesar 93,18%.

Selanjutnya Pj. Wali Kota menguraikan capaian kinerja atas penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan oleh setiap OPD.

Pj. Wali Kota juga menyampaikan sejumlah prestasi yang didapatkan oleh Pemko Tebingtinggi diantaraanya penghargaan percepatan penurunan stunting di Istana Wakil Presiden pada 06 Oktober 2023, Penghargaan kinerja terbaik SP2KP tahun 2023 wilayah Sumatera dari Kementerian Perdagangan RI pada tanggal 10 November 2023, Penghargaan Anugerah Pengadaan 2023 kategori kementerian/lembaga /pemerintah daerah dengan persentase nilai transaksi belanja produk dalam negeri terbesar dan juga penghargaan Kementerian/lembaga/pemerintah daerah dengan persentase nilai transaksi belanja usaha mikro dan usaha kecil terbesar dan juga menerima dana insentif fiskal untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem pada tahun 2023 sebesar 4.210.611.695,- yang diberikan oleh Wakil Presiden pada tanggal 09 November 2023, Penghargaan TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi daerah) Kota Terbaik I wilayah Sumatera dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tanggal 03 Oktober 2023 (telah diterima untuk kedua kalinya sejak tahun 2022).

Atas capaian tersebut Pj. Wali Kota mengharapkan masukan, saran, dan pendapat serta koreksi dari Ketua, para Wakil Ketua dan anggota DPRD, agar penyelenggaraan pemerintahan daerah lebih baik lagi di kemudian hari.

"Saya mengucapkan terimakasih pimpinan DPRD beserta anggota atas kerjasama dan kemitraan yang telah terjalin baik selama ini, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang selalu melimpahkan rahmat dan ridho-Nya untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kota Tebingtinggi," ungkap Pj. Wali Kota mengakhiri dan sekaligus menyerahkan dokumen laporan LKPJ kepada pimpinan rapat paripurna.

Editor : HN. Arya Rajo Sampono
Bagikan

Berita Terkait
Terkini