Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Pimpin Langkah Strategis Menuju Pusat Industri Halal

×

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Pimpin Langkah Strategis Menuju Pusat Industri Halal

Bagikan berita
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Pimpin Langkah Strategis Menuju Pusat Industri Halal
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Pimpin Langkah Strategis Menuju Pusat Industri Halal

KONGKRIT.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, dengan tegas menegaskan komitmennya dalam memperkuat upaya pengembangan industri halal dalam merancang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Provinsi Sumatera Barat untuk periode 2025-2045.

Pernyataan ini disampaikan pada Rapat Feseability Study (FS) Industri Halal Provinsi Sumbar, yang berlangsung pada Selasa 16 Januari 2024 di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

"Kami saat ini sedang aktif merancang rancangan awal RPJP Sumbar 2025-2045, dan kami akan memastikan agar pengembangan industri halal diintegrasikan secara menyeluruh dalam perencanaan tersebut. Setiap rincian lebih lanjut akan kami sertakan dalam setiap Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah," ungkap Gubernur Mahyeldi dalam arahannya.

Pemprov Sumbar menempatkan fokusnya pada pengembangan industri halal, didasarkan pada pemahaman akan potensi yang besar dan komprehensif di wilayah ini untuk menjadi pusat industri halal, bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga di skala global.

Gubernur menekankan bahwa inisiatif ini bukan semata-mata sebagai dorongan dari tingkat daerah, tetapi juga sebagai respons terhadap harapan dan dukungan penuh dari pemerintah pusat terhadap Sumbar.

"Kami mendapatkan dorongan secara konsisten dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden untuk memaksimalkan potensi kami sebagai pusat ekonomi dan industri halal. Ini adalah peluang besar mengingat arah perubahan ekonomi dunia yang saat ini mengarah ke praktik ekonomi halal," tambah Gubernur.

Oleh karena itu, Gubernur menegaskan bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sumbar, bersama dengan pemerintah kabupaten dan kota, diharapkan untuk bersatu dalam mengoptimalkan potensi mereka dalam mendukung pertumbuhan industri halal melalui program-program yang akan dirancang.

"Dengan komitmen bersama, kami yakin dapat mencapai hasil yang optimal dan mewujudkan Sumbar sebagai pusat industri halal," tutup Gubernur.

Rapat FS tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi, Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi, Pakar Industri Halal, Prof. Irwandi Jaswir, dan perwakilan dari CSQ International Consulting, Mazlan Tuhiman.

Rapat diikuti oleh pejabat dari berbagai OPD, lembaga vertikal, perwakilan perbankan, pelaku usaha, dan pihak terkait lainnya.

Editor : FITRI KURNIA SARI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini