Jokowi Temui Joe Biden Bahas Upaya Damai Konflik Gaza, Minta Gencatan Senjata dan Kirim Bantuan Kemanusiaan

Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Senin, 20 November 2023.
Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Senin, 20 November 2023.

KONGKRIT.COM - Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Presiden AS Joe Biden mengenai konflik di Gaza.

Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah isu penting kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Fokus utama pertemuan tersebut adalah mengenai konflik yang terjadi di Gaza.

"Dalam pertemuan tersebut, saya dengan tegas menyampaikan urgensi untuk menghentikan kekejaman di Gaza," ungkap Jokowi.

Presiden Joko Widodo menyoroti empat poin utama, yakni perlunya gencatan senjata segera, penyelesaian konflik secara cepat, dan pentingnya memberikan bantuan kemanusiaan yang mudah diakses untuk wilayah Gaza.

Meskipun Presiden Biden tidak memberikan tanggapan langsung terhadap desakan-desakan Indonesia, Presiden Jokowi menyakini bahwa poin-poin yang disampaikan akan menjadi catatan penting bagi pihak AS.

"Meskipun tidak ada tanggapan langsung, saya yakin apa yang kita sampaikan menjadi catatan serius oleh Presiden Biden," tambahnya.

Presiden Jokowi juga mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, bersama beberapa menteri luar negeri dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), akan melakukan kunjungan ke beberapa negara untuk membahas lebih lanjut konflik di Gaza.

Selain itu, para menteri luar negeri akan menyampaikan hasil pertemuan KTT Luar Biasa OKI di Arab Saudi.

"Sebagai utusan dari OKI, kami akan menjelaskan hasil-hasil pembicaraan kami di Arab Saudi kepada negara-negara lain," jelas Presiden.

Halaman :
Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index