Capaian Luar Biasa, Sumatera Barat Sabet Peringkat 8 Nasional dalam SPBE

×

Capaian Luar Biasa, Sumatera Barat Sabet Peringkat 8 Nasional dalam SPBE

Bagikan berita
Capaian Luar Biasa, Sumatera Barat Sabet Peringkat 8 Nasional dalam SPBE
Capaian Luar Biasa, Sumatera Barat Sabet Peringkat 8 Nasional dalam SPBE

KONGKRIT.COM - Berita menggembirakan datang di awal tahun 2024 untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengumumkan hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada instansi pusat dan Pemerintah Daerah tahun 2023 melalui Kepmen PAN-RB Nomor 13 Tahun 2024.

Sumatera Barat berhasil meraih predikat 'Sangat Baik' dengan indeks 3,75, menandakan peningkatan yang mengesankan dibandingkan dengan pencapaian 3,18 dan predikat 'Baik' pada tahun 2022.

"Senang rasanya, Alhamdulillah. Menaikkan indeks sebanyak 0,1 point saja bukan perkara mudah, apalagi berhasil melampaui target 3,3 dengan capaian 3,75. Ini prestasi luar biasa, dari 'Baik' menjadi 'Sangat Baik'," ungkap Siti Aisyah, Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, pada Jumat 12 Januari 2024

Peringkat nasional Sumatera Barat adalah yang ke-8, dan di luar Jawa Bali, provinsi ini menduduki peringkat ketiga tertinggi dalam indeks SPBE setelah Provinsi NTT dan Lampung.

Meski demikian, Siti Aisyah menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berhenti di sini. Rencananya, upaya peningkatan akan terus dilakukan dengan merujuk pada arsitektur SPBE dan peta rencana SPBE yang telah ditetapkan.

Salah satunya adalah melalui pelatihan leadership digital academy untuk eselon II, yang bekerjasama dengan BPSDM Kementerian Kominfo RI dan telah mendapat dukungan serta persetujuan dari gubernur.

"Harapannya, atmosfir SPBE dapat tercipta dari tingkat paling bawah hingga pimpinan," tambahnya.

Selanjutnya, Bu Icha, panggilan akrab Kadis Kominfotik, menyoroti beberapa tantangan yang masih perlu dihadapi.

Diantaranya adalah bagaimana digitalisasi layanan publik dan layanan pemerintah dapat menciptakan sistem yang efisien, efektif, dan transparan, sehingga masyarakat dapat berkontribusi serta mengontrol jalannya pembangunan.

Editor : FITRI KURNIA SARI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini