Syarat dan Cara Mendaftar Mudik Gratis 2024 bersama Jasa Raharja, Tujuan Pulau Jawa dan Sumatera

×

Syarat dan Cara Mendaftar Mudik Gratis 2024 bersama Jasa Raharja, Tujuan Pulau Jawa dan Sumatera

Bagikan berita
Syarat dan Cara Mendaftar Mudik Gratis 2024 bersama Jasa Raharja, Tujuan Pulau Jawa dan Sumatera. (Foto : Dok. Istimewa)
Syarat dan Cara Mendaftar Mudik Gratis 2024 bersama Jasa Raharja, Tujuan Pulau Jawa dan Sumatera. (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM -Pemerintah memprediksi jumlah pemudik lebaran di tahun ini meningkat 6% dibanding tahun lalu, mencapai 136,7 juta orang.

Untuk membantu masyarakat dan menekan jumlah pemudik sepeda motor, 84 perusahaan BUMN menggelar mudik gratis.

Salah satu BUMN yang menyelenggarakan program ini bagi warga Jakarta dan sekitarnya adalah PT Jasaraharja, dengan tujuan pulau Jawa dan Sumatera.

Jumlah dan Rute Pemudik

Diperkirakan sebanyak 30.000 orang pemudik akan diberangkatkan menggunakan 1225 armada bus, 60 kereta api, dan 15 kapal laut.

Pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka sejak tanggal 4 Maret, dan saat ini sudah ada 14.000 orang yang mendaftar.

Keamanan dan Kecelakaan

PT Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis ini, mengingat tingkat kecelakaan yang tinggi saat menggunakan sepeda motor. Diharapkan dengan adanya program ini, akan membantu mengurangi risiko kecelakaan tersebut.

Proses Pendaftaran

PT Jasa Raharja (Persero) kembali menggelar program mudik gratis 2024. Pendaftaran telah dibuka sejak 4 Maret 2024 pukul 12.30 WIB dan berlangsung selama 24 jam.

Namun, untuk pemesanan tiket, waktu operasionalnya adalah pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website mudik.jasaraharja.co.id.

Pilihan Moda Transportasi dan Jadwal Keberangkatan

Pada program mudik gratis 2024 ini, masyarakat dapat memilih menggunakan bus atau kereta api. Jadwal keberangkatan untuk moda bus akan dilakukan pada 5 April, sedangkan untuk moda kereta api pada 2 dan 3 April.

Rute mudik gratis untuk moda bus mencakup 10 kota di Pulau Jawa, sementara untuk moda kereta api, tujuannya ke Surabaya, Malang, Blitar, Solo, dan Yogyakarta.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : kompas.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini