Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, DKP Tulungagung Gelar Road Show Gerakan Pangan Murah

Warga Desa Sukodono saat mengantri di stand Bulog. (Insert : Dari kiri : Kabid Distribusi dan Cadangan pangan Hari Pujianto, Kadis DKP Agus Suswantoro, Kades Sukodono Muyasaroh dan Camat Karangrejo Suhartono)
Warga Desa Sukodono saat mengantri di stand Bulog. (Insert : Dari kiri : Kabid Distribusi dan Cadangan pangan Hari Pujianto, Kadis DKP Agus Suswantoro, Kades Sukodono Muyasaroh dan Camat Karangrejo Suhartono)

KONGKRIT.COM - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung kembali menggelar road show gerakan pangan murah di halaman kantor Desa Sukodono, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, Selasa (05/12/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Tulungagung, Agus Suswantoro, S.Sos, M.Si, mengatakan bazar pangan murah adalah untuk stabilisasi harga pangan pokok, yang menurutnya harga pangan pokok semakin hari semakin meningkat utamanya beras dan gula. Oleh karena itu dalam bazar pangan murah ini disediakan bahan - bahan pokok yang harganya dibawah pasaran.

"Jika dipasaran, harga beras medium per kilogram Rp. 13.000,00., tapi bazar murah ini dari Bulog kita jual seharga Rp. 10.400,00., yang per packnya yaitu Rp. 52.000,00., jadi ada selisih Rp. 2.800,00., dan gula pasir jika di luar bisa tembus Rp. 16.800,00., hingga Rp. 17.000,00., tapi disini dari PG Modjopanggung kita jual Rp. 14.000.00.,saja," terangnya.

Agus menambahkan, gelar pangan murah ini juga dalam rangka untuk pengendalian inflasi.

Selain itu juga dalam rangka menyambut datangnya hari besar keagamaan nasional (HBKN) khususnya Natal dan Tahun Baru.

Untuk itu, dalam rangka menyongsong datangnya HBKN tersebut pihaknya mengadakan gelar pangan murah secara road show.

"Di tahun 2023 ini DKP Tulungagung menggelar di 6 titik, yakni mulai kemarin di wilayah Kalidawir, Kauman dan yang ketiga kalinya disini di Desa Sukodono, nanti dilanjutkan di Gondang, di halaman Pendopo Kabupaten dan yang terakhir nanti di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Tulungagung," tambahnya.

Maka dengan adanya bazar pangan tersebut Agus berharap masyarakat bisa mudah mendapatkan bahan pangan murah dan berkualitas.

Dan dengan diadakannya gelar bazar pangan ini masyarakat merasa terbantu karena harga pangan pokok yang di jual tersebut tergolong murah daripada yang ada di pasaran.

"Mudahan - mudahan masyarakat merasa terbantu dan semoga bazar pangan murah ini bermanfaat. Kepada Pemdes Sukodono, Dinas Perikanan, Disperindag, Puskesmas Jeli, Bulog dan PG Modjopanggung serta IKM binaan kita yang telah mengikuti kegiatan ini," pungkasnya.

Halaman :
Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index