Segera Daftar! Kemenhub Buka Kuota Mudik Gratis Lebaran 2024, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

×

Segera Daftar! Kemenhub Buka Kuota Mudik Gratis Lebaran 2024, Cek Syarat dan Cara Daftarnya!

Bagikan berita
Segera Daftar! Kemenhub Buka Kuota Mudik Gratis Lebaran 2024, Cek Syarat dan Cara Daftarnya! (Foto : Dok. Istimewa)
Segera Daftar! Kemenhub Buka Kuota Mudik Gratis Lebaran 2024, Cek Syarat dan Cara Daftarnya! (Foto : Dok. Istimewa)

KONGKRIT.COM - Bulan Suci Ramadan semakin mendekati akhir, yang artinya Hari Raya Idul Fitri juga akan segera menjelang.

Bagi Umat Muslim di Indonesia, menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyambut momen bahagia ini. Setiap tahun, tercatat lebih dari 100 juta warga Indonesia yang akan melakukan perjalanan mudik.

Namun Sobat, jangan khawatir Kementrian Perhubungan (Kemenhub), siap memberikan dukungan penuh kepada warga Indonesia untuk mudik lebaran tahun 2024.

Fasilitas Mudik Gratis dari Kemenhub

Dilansir dari Kompas.com kemenhub akan menyediakan 722 unit bus untuk mengangkut 30.088 penumpang, terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik lebaran dan 5.720 orang untuk arus balik.

Fokus utama Kemenhub saat ini mencakup 33 kota yang tersebar di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, dan wilayah Sumatera sebagai tujuan mudik gratis 2024.

Meskipun jumlah kota asal arus balik lebih sedikit, hanya ada di 9 kota, namun Kemenhub tetap siap melayani.

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Sobat penasaran bagaiman cara mengikuti mudik gratis kemenhub? Menurut kompas.com pendaftaran Mudik Gratis Lebaran dibuka pada tanggal 6 Maret 2024 hingga 3 April 2024.

Sobat dapat mendaftar melalui aplikasi Mitra Darat yang bisa sobat unduh melalui App Store atau Play Store.

Mudik Gratis dengan Kapal, Bus, dan Kereta Api

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah memperluas program mudik gratis lebaran 2024 dengan menyediakan opsi transportasi kapal, bus, dan kereta api.

Dalam program ini, tersedia kuota tiket mudik gratis sebanyak 47.194. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Capt. Antoni Arif Priadi, menjelaskan bahwa program ini akan berlangsung mulai 25 Maret hingga 9 April 2024 untuk arus mudik dan 12 April hingga 25 April 2024 untuk arus balik.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : kompas.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini