Pemkab Cirebon dengan SiPEPEK nya, Emang Gak Ada Ide Lain?

×

Pemkab Cirebon dengan SiPEPEK nya, Emang Gak Ada Ide Lain?

Bagikan berita
Pemkab Cirebon dengan SiPEPEK-nya, Emang Gak Ada Ide Lain (Foto : Dok. Pemkab Cirebon)
Pemkab Cirebon dengan SiPEPEK-nya, Emang Gak Ada Ide Lain (Foto : Dok. Pemkab Cirebon)

KONGKRIT.COM - Belakangan ini beredar di media sosial sejumlah aplikasi yang mengusung nama yang konotasinya dinilai berbau seksualitas hingga mengarah kepada hal-hal vulgar.

Dilansir dari detik.com, anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan (Dapil) Cirebon, Selly Andirani Gantina, memberikan pendapatnya yang tidak mendukung penamaan aplikasi ini, karena memiliki makna yang luas.

"Saya memahami bahwa di luar Cirebon, atau dalam KBBI sendiri, kata 'pepek' memiliki konotasi yang berbeda dan bahkan vulgar. Hal ini tentu menimbulkan reaksi negatif dan salah paham di kalangan masyarakat dan warganet di daerah lain. Kritikan ini penting untuk kita dengarkan dan jadikan bahan evaluasi," kata Selly, seperti dikutip dari detik.com Senin 8 Juli 2024.

Bertolak dari nama yang terbilang nyeleneh ini, aplikasi Sipepek ini memiliki program kerja yang bagus, dimana pengadaan aplikasi ini bertujuan untuk menyediakan layanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Dalam wawancaranya, Selly meminta Kabupaten Cirebon mengubah nama aplikasi tersebut untuk menghindari kesalahan tafsir bagi masyarakat Indonesia, mengingat kata "pepek" memiliki arti yang berbeda-beda di tiap daerah.

Apa itu SiPEPEK

Aplikasi dengan nama nyeleneh ini sebenarnya adalah singkatan dari Sistem Informasi Administrasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, yang diluncurkan pemerintah kabupaten Cirebon.

Program ini merupakan aplikasi berbasis web untuk penganggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan, khususnya bagi masyarakat Cirebon.

Menurut laporan detik.com, dilihat dari KBBI Cirebon, "pepek" dalam bahasa Cirebon adalah lengkap atau semuanya ada. Namun dalam beberapa bahasa daerah, kata tersebut bisa diartikan sebagai alat kemaluan perempuan.

Aplikasi Nyeleneh Lainnya

Bukan cuma Cirebon dengan aplikasi SiPEPEK-nya, dilansir dari Instagram padang_tv juga ada beberapa aplikasi bernama nyeleneh lainnya yang ironisnya dilahirkan lewat pemikiran pemerintah daerah, mulai dari SIMONTOK hingga iPubers. Inilah aplikasi-aplikasi tersebut dengan program unggulannya.

1. Sithole

Kependekan dari Sistem Informasi Konsultasi Hukum Online Pengadilan Negeri Semarang, yang pastinya aplikasi ini dilahirkan di Kota Semarang.

Editor : Devi Irmayani Saiser
Sumber : detik.com, Instagram Padang TV
Bagikan

Berita Terkait
Terkini